Notes about Selected Short Essay

I decided to add a new category in this blog that is "Selected Short Essay". The aim is simple, to publish my essay assignments on the web. It ranges from environmental issues, development issues, until tourism-leisure issues. Perhaps you will find something interesting, or even rubbish :p.

You can have it for personal and non-commercial uses (nevertheless, education/information is for all isn't it?). However, I really don't recommend you to use these essay, or even cite it, for your academic work (essay, paper, etc). The problem of citing these essay as your source is simple, how are you going to refer to it? Of course you also have option to give no citation/reference. Then it means you are a plagiat by so doing. And you know that plagiarism is an unforgiven sin hahahahhaha :). Respect others, respect yourself :).

Comments and discussions, instead, are warmly and eagerly welcome. You can say anything freely and then we can engage in an interesting opinion exchange :).

Friday, August 21, 2009

Berburu beasiswa ke Belanda (2/3)

Lanjut seri ke-2.

Ok, sekarang kurang lebih alur pendaftaran ke NFP/StuNed seperti berikut:

Pertama, download dulu formulir pendaftaran NFP/Stuned.
Baca dan pahami. Catat dokumen apa yang perlu kamu cari/lengkapi. Umumnya kamu memerlukan legalisir ijasah dan transkrip (legalisir kampus diterima kok; TAPI harap konfirmasikan dengan mereka ya, saya gak bertanggungjawab kalo ternyata peraturannya sudah berubah).

Kedua, ambil tes bahasa inggris.
Institutional TOEFL saja, soalnya 'murah' (Cuma US$ 25 dibandingkan TOEFL paper based/PbT, TOELF IbT, maupun IELTS yang US$ 150), sering (dua kali sebulan), dan relatif 'mudah' (cuma ada tiga jenis materi yaitu reading comprehension, listening, dan structure/grammar; tidak ada writing dan speaking). Hasil tes TOEFL maupun IELTS berlaku 2 tahun. Jadi kalau anda berencana untuk mendaftar tahun depan, ikuti tesnya tahun ini; hitung-hitung mencicil kerjaan dan memperbaiki bahasa inggris (bila diperlukan).

Ketiga, cari universitas di belanda.
Syarat utama NFP dan StuNed adalah admission letter dari universitas. Provisonal admission (alias penerimaan bersyarat) dulu juga diterima. Entah sekarang. Admission bisa berlaku 2 tahun. Saranku, daftarlah ke dua atau tiga universitas, terutama kalau waktu pendaftara NFP/Stuned sudah dekat. Jadi ada cadangan kalau universitas pilihan utamamu tidak menerima. Dulu saya terdaftar di ISS, Groningen, dan WuR. Akhirnya saya memilih WuR karena masa studinya paling lama (alias bisa jalan-jalan lebih lama hehehehe). Tidak ada salahnya kamu main ke situs www.studyin.nl untuk mencari universitas yang cucok :).

Keempat, cari surat rekomendasi.
Surat rekomendasi (biasanya dua sampai tiga orang referees) berguna untuk mendaftar beasiswa dan juga mendaftar universitas. Jadi kalau minta surat rekomendasi, jangan cuma satu kopi. Minta paling sedikit lima eksemplar sekaligus. Semuanya harus ditandatangani asli dan kalau bisa dicetak diatas kertas berkop dan dimasukkan dalam amplop berkop. Surat rekomendasi harus dalam bahasa inggris.

Seringkali pemberi rekomendasi minta anda yang membuat rancangan suratnya (ini umum terjadi di indonesia, tapi jangan sampai ketahuan pemberi beasiswa ataupun pihak universitas belanda lho). Kalau kamu yang membuat rancangan surat rekomendasi, kita diskusikan di lain artikel ya (karena agak rumit strateginya).

Surat rekomendasi ada dua jenis (berkaitan beasiswa), yaitu rekomendasi kemampuan akademik (dari pembimbing skripsi) dan kinerja profesional (dari bosmu). Semakin tinggi jabatan (dan keterkenalan di Indonesia) pemberi rekomendasi, biasanya semakin tinggi peluangmu. Jadi, rekomendasi dari Kwik Kian Gie itu pasti jauh lebih manjur dibandingkan dari saya hahahaha.

Kelima, kumpulkan dokumen pendukung.
Dokumen pendukung disini merujuk legalisir ijasah dan transkrip nilai selain surat rekomendasi (dll) diatas. Foto terkini biasanya juga diminta.

Lanjut ke bagian ke-3.

2 comments:

Sisihlia said...

Hi Kak Jimmy

Perkenalkan saya Sisihlia. Saya sudah diterima di salah satu univ di belanda untuk program master. Saya sekarang sedang cari beasiswa / sponsor. Saya sudah ABF dan ditolak, NFP dan Stunned deadline sudah lewat. Apa kakak punya info beasiswa lain yang bisa saya daftar?
Terima kasih sebelumnya

Jimmy Tanaya said...

Halo Sisihlia,

Selamat ya atas penerimaannya. Sepanjang yang saya ingat, soal beasiswa, ada juga beasiswa Delta ataupun Huygens (kalo tidak salah). Tapi ini dulu, saya belum cek lagi. Coba lihat di situs NESO Indonesia soal informasi beasiswa.

Atau, tunggu saja pembukaan NFP & Stuned di tahun mendatang. Surat penerimaan universitas bisa diperpanjang selama 2 tahun. Kirimlah email ke univ tersebut & jelaskan situasimu. Biasanya, mereka mau mengerti dan siapa tahu bisa membantu juga.

selamat berjuang ya :).